Gerakan Ayo Kerja Dorong Masyarakat Kota Pelihara Kultur Gotong Royong

Gerakan Ayo Kerja Sumsel merupakan gerakan warga Palembang yang bertujuan untuk aktif berkontribusi pada penanganan masalah sosial dan lingkungan di kota Palembang.

Gerakan yang dikomandoi pembina Jaringan Kemandirian Nasional (Jaman) Palembang, Hernoe Roesprijadji, melakukan aksi nyata membantu memperbaiki drainase, membersihkan lingkungan, tempat ibadah, pasar, dan lain-lain.

Hernoe Roesprijadi atau akrab dipanggil MasHernoe mengatakan Gerakan Ayo Kerja ini perlu digaungkan untuk menggerakkan budaya gotong royong di tengah masyarakat. Melalui gerakan ini, masyarakat akan memiliki kepedulian terhadap lingkungannya, seperti membersihkan drainase yang tidak berfungsi dengan baik, misalnya.

“Maka dari itulah perlu semangat kebersaman untuk menyelesaikan masalah-masalah seperti itu warga agar dapat menciptakan rasa nyaman dan aman secara mandiri,” jelas MasHernoe.

MasHernoe juga mengingatkan agar kita senantiasa memupuk jiwa gotong royong yang merupakan kultur kebangsaan yang melekat dalam keseharian warga Indonesia, tak terkecuali warga di kota Palembang. Untuk itu, Gerakan Ayo Kerja ini harus terus kita hidupkan.

MasHernoe, yang juga inisiator Gerakan Kembali ke Musholla ini, menambahkan gerakan ini sudah terbentuk sejak 2015. Dala aksinya, gerakan ini tidak hanya konsen pada gotong royong saja tetapi juga pada aspek spiritual dengan menghidupkan kembali gerakan kembali ke Masjid/Musholla. (mh)